Beranda > Album Foto, Artikel > Tema HPS – KWI 2011: Kamu Harus Memberi Mereka Makan

Tema HPS – KWI 2011: Kamu Harus Memberi Mereka Makan

Pendidikan Nilai dalam Gerakan HPS

Dalam kerangka mewujudkan Gerakan HPS  (Hari Pangan Sedunia) Gereja Katolik, ada 5 nilai yang hendak dibangun:

  1. Nilai Keseimbangan Pangan: pangan yang kita konsumsi adalah makanan yang memenuhi gizi sehat dan seimbang. Makan asal kenyang biasanya mengkonsumsi karbohidrat (nasi) terlalu banyak, padahal tubuh juga membutuhkan asupan makanan lain yang mengandung protein yang berasal dari hewan ternak dan ikan; vitamin dan mineral dari sayuran. Sangat dianjurkan agar kita mulai diet karbohidrat demi kesehatan. Dampaknya adalah pengurangan konsumsi beras dan penambahan konsumsi daging ternak, ikan dan sayuran.
  1. Nilai Kebersamaan: kebutuhan akan pangan mempertemukan kita dengan saudara-saudari kita yang lain. Kita akan tergerak jika mengetahui saudara-saudari kita yang kurang makan. Kita akan menjalin kerjasama dengan siapa saja yang berkehendak baik (Komisi PSE, Komisi Komunikasi Sosial, Wanita Katolik RI, KOPTARI, dsb.) untuk membangun gerakan pangan dan aksi solidaritas. Nilai ini akan mengalirkan kehidupan yang didasari bahwa segala sesuatu bukan karena jasa diri sendiri tetapi anugerah Allah.
  1. Nilai Pemberdayaan: kesadaran akan kebutuhan pangan menyemangati kita untuk giat dalam pemberdayaan diri bersama masyarakat. Pemberdayaan memerlukan kerja keras, kreatif dan pantang menyerah yang merupakan panggilan dan undangan Allah dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidup keluarga. Pemberdayaan diri bersama masyarakat dalam pemenuhan makanan yang sehat dan seimbang didasarkan pada mentalitas kewirausahaan dan kemandirian dalam mata pencahariannya.
  1. Nilai Cinta Lingkungan Hidup: pemahaman nilai cinta lingkungan hidup akan menggerakkan budidaya kita dalam mengelola sumberdaya alam secara arif untuk membangun kehidupan yang berkelanjutan. Semangat cinta lingkungan hidup ini untuk membangun keutuhan ciptaanNya menuju kebaikan dan kesejahteraan bersama.
  1. Nilai Cinta Dalam Keluarga: kita dipertemukan dalam cinta kasih dalam keluarga lewat kebutuhan makan setiap hari. Tersedianya makanan yang cukup hari ini merupakan anugerah Allah. Ungkapan syukur ini mengandung makna akan penghargaan terhadap pangan dan prosesnya yang membentuk karakter budaya bangsa.

Mewujudkan Gerakan Bersama

Dalam kerangka peringatan HPS (Hari Pangan Sedunia)  ini, ada banyak cara kita mewujudkan tema HPS KWI 2011: “Kamu Harus Memberi Mereka Makan”, sehingga menjadi gerakan bersama antara lain:

  1. Berpartisipasi memberikan diri kita dalam upaya pemeliharaan kehidupan : tidak merusak alam, aksi menanam pohon, kebersihan lingkungan dsb.
  1. Berpartisipasi memberikan kelebihan kita baik berupa materi (uang, barang) dan non materi (pemikiran, waktu, fasilitas) dalam membantu sesama yang berkekurangan.
  1. Menggalang solidaritas yang lebih intensif dalam upaya bersama memerangi kelaparan lewat pemberdayaan masyarakat miskin.
  1. Membangun dan mengembangkan komunitas berbagi dalam cara hidup Gereja dan masyarakat.
  1. Membangun dan mengembangkan gerakan bersama untuk memfasilitasi terwujudnya peningkatan penghasilan.
  1. Membangun kecintaan kepada petani dan pertanian, terutama kepada anak-anak dan remaja.
Kategori:Album Foto, Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: